Rabu, 24 Oktober 2012

makalah iad by yuhazi and dkk

TUGAS INDIVIDU ILMU ALAMIAH DASAR “Peran Remaja Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan” Dosen pembimbing : Sahrudin, S.Pd D I S U S U N O L E H Y U H A Z I PROGRAM STARATA SATU ( S.1 ) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI) YAYASAN NURUL ISLAMI ( YASNI ) MUARA BUNGO 2012/2013 KATA PENGANTAR Penulisan makalah yang bersipat sederhana ini, di buat berdasarkan tugas kelompok yang di berikan oleh dosen pelajaran ilmu alamiah dasar yang berjudul peran remaja dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dengan menucapkan syukur Alhamdulillah, kami semua dapat menyusun, menyesuaikan, serta dapat menyelesaikan sebuah makalah yang amat sederhana ini. Di samping itu, kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yan telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan sebuah makalah ini, baik dalam bentuk moril maupun dalam bentuk materi sehinggadapat terlaksana denan baik. Kami, sangat menyadari sepenuh nya bahwa makalah kami ini memang masih banyak terdapat kekurangan serta amat jauh dari kata kesempurnaan. Namun, kami semua telah berusaha semaksimal mungkin dalam membuat sebuah makalah ini. Di samping itu, kami sangat mengharapkan kritik serta saran nya dari semua rekan-rekan demi tercapai nya kesempurnaan yang di harapkan di masa akan datang. Rantau Embacang,16 oktober 2012 Penulis Y U H A Z I DAFTAR ISI Kata pengantar…………………………………..……………………….…. 1 Daftar isi…………………………………………………………………..…2 BAB 1. PENDAHULUAN 1,1. Latar belakang………………………………………………...3 1,2. Rumusan masalah…………………………………………….3 BAB 2. PEMBAHASAN 2,1. Pengertian lingkungan hidup………………………………...4 2,2. Lingkungan hidupKerusakan lingkungan hidup……………..4 2,3. Kerusakan lingkungan hidup ………………………………..4 2,4. Upaya pelestarian lingkungan hidup ………………………...5 2,5. Peran remaja dalam pelestarian lingkungan hidup…………..6 BAB 3. PENUTUP 3,1. Kesimpulan……………….……………………………….…8 3,2. Saran……………………...………………………………….8 Daftar pustaka…………………………...………………………………......9 BAB 1 PENDAHULUAN 1,1. Latar Belakang Pembuatan makalah yang amat sederhana ini di buat berdasarkan tugas individu yang di berikan oleh dosen pembimbing kami pada mata kuliah IAD/IBD/ISD yang berjudul “Peran Remaja Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan” . Maka, dengan adanya tugas kelompok ini. Kami akan mencoba menguraikan masalah “Peran Remaja Dalam Upaya Pelestarian Lingkungan” Namun, pada uraian kami tersebut mungkin masih banyak terdapat kesalahan, baik dalam pemahaman ataupun dalam penulisannya. Harapan kami, semoga apa yang telah semua kami lakukan bisa membuahkan hasil. Baik bagi pembaca maupun bagi pendengar. 1.2. Rumusan Masalah Sebelum kami membahas terlebih dahulu tentang konstitusi, maka ada baik nya kami rumuskan pokok-pokok permaslahannya yaitu sebagai berikut : 1. Sejauh manakah kita dapat mengetahui masalah lingkungan hidup dan 2. apa mamfaat dari lingkungan hidup   BAB 2 PEMBAHASAN 2,1. PENGERTIAN LINGKUNGAN Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika kalian berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orang yang ada di sekolah, juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupa udara, meja kursi, papan tulis, gedung sekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar. 2,2. LINGKUNGAN HIDUP Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap makhluk hidup di bumi. Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:1. Unsur Hayati (Biotik) 2. Unsur Sosial Budaya, 3. Unsur Fisik (Abiotik) 2,3. KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP Factor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan hidup, antara lain: 1. Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam Peristiwa alam lainnya yang berdampak pada kerusakan lingkungan hidup yaitu : - Letusan Gunung Berapi - Gempa bumi - Angin topan 2. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia, antara lain: - Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri. - Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan. - Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan. 2,4. UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak. Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu: - Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup. ---- Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Upaya yang Dilakukan Pemerintah Pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memikirkan dan mewujudkan terbentuknya pelestarian lingkungan hidup. Hal-hal yang dilakukan pemerintah antara lain: a. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 yang mengatur tentang Tata Guna Tanah. b. Menerbitkan UU No. 4 Tahun 1982, tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. c. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986, tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan). d. Pada tahun 1991, pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan, dengan tujuan pokoknya: 1) Menanggulangi kasus pencemaran. 2) Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3). 3) Melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL). e. Pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon. Beberapa upaya yang dapat dilakuklan masyarakat berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup antara lain: a. Pelestarian tanah b. Pelestarian udara c. Pelestarian hutan d. Pelestarian laut dan pantai e. Pelestarian flora dan fauna 2,5. PERAN REMAJA DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN Remaja adalah sosok orang yang memiliki usia masih tergolong sangat muda serta mempunyai masa depan yang masih panjang. Oleh karena itu perlu disadari dan menjadi catatan bersama bahwa penglibatan remaja dalam melestarikan alam sejak masa remaja sangatlah penting dan sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan lingkungan, sekarang dan yang akan datang. Agar remaja bisa terlibat aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan yang baik, remaja harus dibekali secara cukup tentang pengetahuan, kesadaran dan ketrampilan tentang bagaimana menjaga kelesatrian alam. Bila ini dilakukan sejak dini, kita yakin masa depan lingkungan dan kondisi alam bisa lebih baik ke depan. Dengan memulai dari suatu hal yang paling kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang bersih. Apabila setiap remaja memiliki kesadaran diri dan rasa tanggung jawab pribadi untuk menjaga kebersihan lingkungan, kita yakin bahwa lingkungan hidup kita akan baik. Banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan melibatkan remaja dalam kegiatan Bakti Sosial (BakSos) dari desa ke desa. Melibatkan remaja dalam kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari langkah-langkah untuk menjaga kebersihan, tata cara pelestarian serta manfaat-manfaat dari lingkungan yang bersih. Para remaja yang memiliki kepedulian akan kebersihan dan kelestarian lingkungan, selalu berusaha menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya. Namun satu hal yang sangat disayangkan pengaruh kebiasaan yang sudah membudaya di lingkungan sosial kita, membuat remaja enggan melakukan hal-hal kecil. Melibatkan remaja dalam mengelola sampah sebenarnya bisa menjadi contoh yang baik. Bila sejak remaja cerdas dalam mengelola sampah dan limbah, maka lingkungan hidup kita akan bisa lebih baik. Remaja sangat perlu dibekali dengan sikap kreatif dalam mengelola lingkungan. Sebab remaja yang kreatif akan bisa mengelola sampah dan limbah menjadi berkah. Adapun remaja yang memiliki kreatifitas tinggi, dapat memanfaatkan sampah yang dianggap sebagai limbah serta pencemaran lingkungan itu menjadi suatu produk yang bermutu dan berguna atau bermanfaat bagi orang lain. Melalui proses pengolahan dan proses produksi dengan menggunakan keterampilan dan mempoles sampah menjadi suatu keunikan akan memiliki nilai jual yang tinggi. BAB 3 PENUTUP 3,1 . Kesimpulan Dari beberapa uraian di atas, yang telah kami bahas. Maka kami mengambil kesimpulan, yaitu sebagai berikut : - lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. - upaya yang dapat dilakuklan masyarakat berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup antara lain: a. Pelestarian tanah b. Pelestarian udara c. Pelestarian hutan d. Pelestarian laut dan pantai e. Pelestarian flora dan fauna 3,2. Saran Sebagai penutup dari makalah ini, tak luput pula kami ucapkan ribuan terima kasih pada semua rekan-rekan yang telah banyak membantu dalam pembuatan makalah ini. Di samping itu, masih banyak kekurangan serta jauh dari kata kesempurnaan, tetapa kami semua telah berusaha semaksimal munkin dalam pembutan makalah yang amat sederhana ini. Maka, dari pada itu . kami semua sangat berharap kepada semua rekan-rekan untuk memberi kritik atau sarannya, sehingga dalam pembuatan makalah selanjutnya bisa menjadi yan lebih baik, seperti yang kita harapkan. Tiada kata yan dapat kami ucapkan, selain rasa terima kasih atas semua motivasidari rekan-rekan sekalian. Rantau embacang, 19 oktober 2012 wassalam Y U H A Z I DAFTAR PUSTAKA http://afand.cyberg.com/post/detail 2405/lingkungan-hidup-kerusakan-lingkungan pengertian-kerusakan-lingkungan-dan-pelestarian http://ccde.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=16:peran-remaja-dalam-upaya-pelestarian&catid=3:bingkai&itemd=4arisekar Senen,22 Maret 2012 pukul 11.05 Wib

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar