SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TAREKAT



BAB 9
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TAREKAT

A.    Pengertian Tarekat
Asal kata tarekat dalam bahasa arab ialah “thariqah” yang berarti jalan keadaan, aliran, atau garis pada sesuatu. Tarekat adalah jalan yang ditempih para sufi dan dapat digambarkan sebagai jalan yang berpangkal dari syariat, sebab jalan utama disebut syar, sedangkan anak jalan disebut thariq.
B.     Hubungan Tarekat Denagan Tasawuf
Didalam ilmu tasawuf, istilah tarekat tidak saja ditunjukan kepada aturan dan cara-cara tertentu yang digunakan oleh seorang syekh tarekat dan bukan pula terhadap klompok yang menjadi pengikut salah seorang syekh tarekat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tasawuf itu secara umum adalah usaha mendekatkan diri kepada Allah, sedangkat tarekat adalah cara dan jalan yang ditempuh seseorang dalam usahanya mendekatkan diri kepada allah.
C.    Sejarah Timbulnya Tarekat
Orang yang pertama memperkenalkan sistem tariqah (tarekat) itu syekh abdul qadir al-jaelani (w.561 H/1166 M) di Baghdad,sayyid ahmad ar-Rifa’I di mesir dengan tarekat Rifa’iyyah, dan jalal Ad-Din Ar-Rumi (w. 672 H/ 1273 M), di parsi, kemunculan tarekat menurut Jhon O.Voll, yaitu menjelaskan bahwa penjelasan mistis terhadap islam muncul sejak awal sejarah islam, dan para sufi yang mengembangkan jalan-jalan spiritual personal mereka dengan melibatkan praktik-praktik ibadah, pembacaan kitab suci dan kepustakaan tentang kesalehan.
Karena banaknya cabang-cabang tarekat yang timbul dari tiap-tiap tarekat induk, sangatsulit untuk menelusuri sejarah perkembangan tarekat itu secara sistematis dan konsepsional.
D.    Aliran-Aliran Tarekat dalam Islam
1.      Tarekat Qadariyah
2.      Tarekat syadziliyah
3.      Tarekat Naqsabandiyah
4.      Tarekat Yasafiyah dan Khawajagawiyah
5.      Tarekat Khalwatiyah
6.      Tarekat Syatariyah
7.      Tarekat Rifa’iyah
8.      Tarekat Qadariyah wa Naqsabandiyah
9.      Tarekat sammaniyah
10.  Tarekat Tijaniyah
11.  Tarekat Chistiyah
12.   Tarekat Mawlawyah
13.  Tarekat Ni’matuliyah
14.  Tarekat Sanusiyah
E.     Pengaruh Tarekat di Dunia Islam
Tarekat mempengaruhi dunia islam mulai dari abd ke-13. Kedudukan tarekat saat ini sama dengan parpol (partai politik). Tarekat-tarekat keagamanaan meluaskan pengaruh dan organisasinya keseluruh pelosok negri. Akan tetapi ada saat ini telah terjadi penyelewengan di dalam tarekat-tarekat. Oleh karena itu, pada abad ke-19 mulailah timbul pemikiran yang sinis terhadap tarekat dan juga terhadap tasawuf. Banyak pengamat menyatakan bahwa pada era modern, tareka secara efektif telah berakhir.
Pada abad  ke-19 dan ke-20, tradisi-tradisi yang berlainan terlibat dengan berbagabi cara dalam membatu membentuk respon-respon muslim terhadap barat dan mendefinisikan pula bentuk-bentuk modernitas islam. Tarekat-tarekat sufi terus menyediakan sarana bagai pengartikulasian identitas islam inklusif dengan penekanan yang besar pada kesalehan pemujaan individual dan pengalaman klelompok kecil.


 DAFTAR PUSTAKA



Abdul Qadir Isa, Hakekat Tasawuf, terj. Khairul Amru Harahap, Lc. Dan Afrizal Lubis, Lc. Qisthi Press, Jakarta, 2005.
Anwar Rosihon dkk, Ilmu Tasawuf, Penerbit: CV Pustaka Setia, Bandung, 2008.



   



This entry was posted in

Leave a Reply