Kamis, 12 Juni 2014

pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan sosial dan dakwah

KATA PENGANTAR


Penulisan makalah yang  bersipat  sederhana  ini, di buat berdasarkan tugas kelompok  yang di berikan  oleh  dosen  pembimbing mata kuliah  kapita selekta pendidikan yang berjudul  pondok pesantren sebagai lembaga pendidkan sosial dan dakwah.
Dengan menucapkan syukur Alhamdulillah, kami semua dapat menyusun, menyesuaikan, serta dapat menyelesaikan sebuah makalah yang amat sederhana ini. Di samping itu, kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yan telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan sebuah  makalah ini, baik dalam bentuk moril maupun dalam bentuk materi sehinggadapat terlaksana denan baik.
Kami, sangat menyadari sepenuh nya bahwa makalah kami ini memang masih banyak terdapat kekurangan serta amat  jauh dari kata kesempurnaan. Namun, kami semua telah berusaha semaksimal mungkin dalam membuat sebuah makalah ini. Di samping itu, kami sangat  mengharapkan kritik serta saran nya dari semua rekan-rekan demi tercapai nya kesempurnaan yang di harapkan di masa akan datang.

                                                                                                           

                                                                                        Muara Bungo, 12 Juni 2014
                              Penulis          .                                                                                                                                                                                                     







 DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR....................................................................................................2
DAFTAR ISI...................................................................................................................3
BAB  I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...............................................................................................4
1.2 Rumusan Masalah..........................................................................................5
1.3 Tujuan Penulisan............................................................................................5
BAB  II  PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan.................................6
2.2 Latar belakang historis pondok pesantren...............................................................7
2.3 Jenis-jenis lembaga pendidikan islam di Indonesia.......................................7
2.4 Fungsi lembaga pendidikan............................................................................8
BAB  III  PENUTUP
3.1 Kesimpulan.....................................................................................................9
3.2 Saran.............................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................................11










BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat pada awal abad 20 masehi, sejak negara kita dijajah oleh orang-orang barat, ulama-ulama kita bersifat noncooperation terhadap kaum penjajah serta mendidik santri-santrinya dengan sikap politis antipenjajah serta nonkompromi terhadap mereka dalam bidang pendidikan agama podik pesantren. Yang bertujuan untuk menghindari tradisi serta ajaran agama islam dari pengaruh kebudayaan barat yang dibawa oleh penjajah. Dengan menggunakan sistem pendidikan yang lebih dikenal sikap politis kultural (noncooperatin dan nonkompromis, dan sebagainya.)
Dalam perkembangan lebih lanjut (setelah merdeka), pondok pesantren di samping memberikan pelajaran ilmu agama, juga ilmu pengetahuan umum dengan sistem madrasah atau sekolah. Yang mana ilmu pengetahuan umum hanya sekedar sebagai pelengkap.
1,2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah:
1. Apa yang dimaksud dengan Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan?
2. Bagaimana proses perkembangan pondok pesantren ?
3. Apa sajakah jenis-jenis lembaga pendidikan islam di Indonesia ?
4. Apa fungsi lembaga pendidikan ?
1,3. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan
2. Untuk mengetahui Bagaimana proses perkembangan pondok pesantren
3. Untuk mengetahui Apa enis-jenis lembaga pendidikan islam di Indonesia
4. Untuk mengetahui Apa fungsi lembaga pendidikan

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengetian pondok pesantren dan lembaga pendidikan
A. Pondok pesantren
Menurut Drs. H. Djamaluddin (dan kawan-kawan/1999:99) beliau mengatakan Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar, dengan sistem asrama (kampus) yang santri-santrinya menerima pendidkan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dan kepemimpinan seorang atau beberapa orang kyai dengan ciri khas yang bersifat kharismatis serta independen dalam segala hal.
Pesantren menurut DR. Ahmad Tafsir (2010:191) adalah lembaga pendikan islam yang tertua di indonesia, setelah rumah tangga. Menurut para ahli, pesantren baru dapat disebut pesantren bila memenuhi lima syarat, yaitu : 
(1) ada kiai pesantren, mungkin mencakup zaman kini dan nanti 
(2) ada pondok, akan mencakup syarat fisik dan nonfisik, pembiayaan, tempat,  penjagan, dan lain-lain.
(3) ada masjid, cukupannya akan sama dengan pondok.
(4) ada santri, melingkupibmasalah syarat, sifat dan tugas santri.
(5) kitab kuning, jika diluskan akan mencakup kurikulum pesantren dalam arti yang luas. 



B. Lembaga pendidikan
Menurut Hasbullah mengatakan lembaga pendidikan adalah tempat berlangsungnya proses pendidikan yang meliputi pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dan menurut Prof. Dt. Umar Tirtahardja serta Drs. La Sula mengatakan lembaga pendikan adalah tempat berlangsungnya pendidikan, khususnya pada tiga lingkungan utama yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Jadi lembaga pendidikan adalah tempat dimana berlangsungnya proses pendidikan (www.id.shvoong.com:2011).

2.2 Latar belakang historis pondok pesantren 
Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat pada awal abad 20 masehi, sejak negara kita dijajah oleh orang-orang barat, ulama-ulama kita bersifat noncooperation terhadap kaum penjajah serta mendidik santri-santrinya dengan sikap politis antipenjajah serta nonkompromi terhadap mereka dalam bidang pendidikan agama podik pesantren. Yang bertujuan untuk menghindari tradisi serta ajaran agama islam dari pengaruh kebudayaan barat yang dibawa oleh penjajah. Dengan menggunakan sistem pendidikan yang lebih dikenal sikap politis kultural (noncooperatin dan nonkompromis, dan sebagainya.)
Dalam perkembangan lebih lanjut (setelah merdeka), pondok pesantren di samping memberikan pelajaran ilmu agama, juga ilmu pengetahuan umum dengan sistem madrasah atau sekolah. Yang mana ilmu pengetahuan umum hanya sekedar sebagai pelengkap.
2.3 Jenis-jenis lembaga pendidikan islam di indonesia
Sejak sebelum kemerdekaan indonesia sampai sekaran banyak terdapat lembaga pendidkan islam di indonesia, di samping peranannya yang cukup menenetukan  dalam membangkitkan sikap patriotisme dan nasionalisme sebagai modal mencapai kemerdekan indonesia srta menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional.
Dilihat dari bentuk dan sifat pendidikannya, lembaga-lembaga pendidikan islam tersebut ada yang bersifat formal seperti madrasah dan nonformal seperti surau/langgar, dan pondok pesantren.  
2.4 Peran dan fungsi lembaga pendidikan 
A. Dalam Sosial 
Lembaga pendidikan dapat menghasilkan output yan memiliki tingkat intelektual yang baik setidaknya dapat mengontribusikan dirinya kepada masyarakat, menjaga hubungan yang baik antar manusia, dan ikut berperan dalam peradaban masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada. (www.m-edukasi.web.id:2013)
B. Dalam kultural
Dengan adanya lembaga pendidikan setidak dapat menjaga nilai-nilai baik di masyarakat dan dapat mengembangkan potensi atau nilai-nilai itu untuk membentuk suatuperadaban kearah yang lebih baik. (www.m-edukasi.web.id:2013)











BAB III
PENUTUP



3.1 Kesimpulan

Dari beberapa uraian di atas, yang telah kami bahas. Maka kami mengambil kesimpulan, yaitu sebagai berikut :
1. Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar, dengan sistem asrama (kampus) yang santri-santrinya menerima pendidkan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dan kepemimpinan seorang atau beberapa orang kyai dengan ciri khas yang bersifat kharismatis serta independen dalam segala hal Sedangkan Lembaga pendidikan adalah tempat dimana berlangsungnya proses pendidikan.
2. Pondok pesantren tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam masyarakat pada awal abad 20 masehi, sejak negara kita dijajah oleh orang-orang barat, ulama-ulama kita bersifat noncooperation terhadap kaum penjajah serta mendidik santri-santrinya dengan sikap politis antipenjajah serta nonkompromi terhadap mereka dalam bidang pendidikan agama podik pesantren
3. Dilihat dari bentuk dan sifat pendidikannya, lembaga-lembaga pendidikan islam tersebut ada yang bersifat formal seperti madrasah dan nonformal seperti surau/langgar, dan pondok pesantren 
4. Fungsi lembaga pendidikan Dalam sosial, Lembaga pendidikan dapat menghasilkan output yan memiliki tingkat intelektual yang baik setidaknya dapat mengontribusikan dirinya kepada masyarakat, menjaga hubungan yang baik antar manusia, dan ikut berperan dalam peradaban masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada.

3.2  Saran
Sebagai penutup dari makalah ini, tak luput pula kami ucapkan ribuan terima kasih pada semua rekan-rekan yang telah banyak membantu dalam pembuatan makalah  ini. Di samping itu, masih banyak kekurangan serta jauh dari kata kesempurnaan,  tetapi  kami semua telah berusaha semaksimal munkin dalam pembutan makalah yang amat sederhana ini. Maka, dari pada itu . kami semua sangat berharap kepada semua rekan-rekan untuk memberi kritik atau sarannya, sehingga dalam pembuatan makalah selanjutnya bisa menjadi yan lebih baik, seperti yang kita harapkan.
Tiada kata yan dapat kami ucapkan, selain rasa terima kasih atas semua motivasi  dari rekan-rekan sekalian.




















DAFTAR PUSTAKA


Abdullah Aly. Dkk. 1999Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Ahmad Tafsir. 2010. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
http://m-edukasi.web.id/2013/07/peran-dan-fungsi-lembaga-pendidikan.html?=1 Diakses melalui seluler Kamis, 12 Juni 2014.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar